Rabu, 30 Maret 2011

SMP YPPSB: Sekolah Adiwiyata dan SSN

Sekolah dan lingkungan hidup disekitarnya merupakan suatu jalinan ketergantungan yang saling memengaruhi satu sama lain. Sekolah dapat berjalan dengan baik ketika lingkungan di sekitarnya dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap kehidupan sekolah. Demikian juga sebaliknya, lingkungan sekitarnya akan menjadi lebih beradab bila sekolah berhasil membekali peserta didik dengan serangkain nilai hidup, kompetensi, dan etika (moral) dalam hidup bersama. Ada interkorelasi nilai dan budaya.
Dalam konteks itu, sekolah berkomitmen untuk terus menerus menjaga, merawat, melestarikan, dan mengembangkan lingkungan di sekitarnya, terutama lingkungan sekolah. Sebab lingkungan yang sehat, rindang, sejuk, nyaman, dan indah akan mendukung terjadinya proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan berdaya guna (useful learning). Di dalam lingkungan yang indah diharapkan tercipta pribadi-pribadi dengan sikap dan perilaku indah juga.
Oleh karena itu, SMP YPPSB dengan penuh komitmen mewujudkan diri sebagai sekolah Adiwiyata yang berstandar nasional (SSN). Pencapaian ini tentu menjadi perjuangan terus-menerus untuk mencapai hasil yang lebih baik. Dalam perjuangan ini, tentu dibutuhkan tanggung jawab dari semua stakeholders sekolah, tanpa kecuali, mulai dari tukang kebun sampai top management.

Tidak ada komentar: