Kamis, 19 Maret 2009

Kehendak Bebas

Salah satu keunggulan manusia dibandingkan dengan ciptaan Allah lainnya adalah kehendak Bebas. Dengan kehendak bebas, manusia mampu merencanakan dan melakukan sesuatu sesuai dengan kehendaknya sejauh tidak melanggar atau merugikan (hak) orang lain.
Adanya kehendak bebas itu, di satu pihak memberikan peluang atau kemungkinan kepada manusia untuk merencanakan dan melakukan apa yang menjadi cita-cita hidupnya. Peluang-peluang itu tentu saja harus dimanfaatkan sedemian rupa untuk kebaikan dirinya sendiri, kebaikan orang lain, dan menuntut manusia untuk senantiasa memanage dirinya, terutama ego atau nafsunya untuk menguasai orang lain. Karena tidak dapat dimungkiri bahwa dalam diri manusia ada kehendak/keinginan untuk menjadi lebih dari "yang lain" tanpa mengindahkan norma-norma keindahan.
Untuk itu, kehendak bebas - ketika tidak dikendalikan dengan norma-norma keindahan, kesusilaan, keagamaan, atau norma-norma sosial lainnya, ia akan menjadi bencana bagi manusia itu sendiri. Dalam arti ini, kehendak bebas lebih pada memberikan kesempatan kepada manusia untuk memilih cara hidup yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Kehendak bebas mesti diarahkan kepada kegiatan "untuk" kebaikan diri sendiri, sesama, alam semesta, dan kemuliaan nama Tuhan. Mari gunakan kehendak bebas dengan penuh tanggung jawab.

Tidak ada komentar: